Mengenal Ikan Sepat

Golden and Blue GouramisImage via Wikipedia
Saya mengenal ikan Sepat sejak kecil. Ikan sepat menurut saya ikan yang awet dipelihara dan tahan dengan lingkungan air yang kurang baik termasuk tahan akan keusilan anak-anak yang suka obok-obok ikan. Sekarang saya coba cari tahu tentang sepat.

Menurut Wikipedia, ikan sepat termasuk keluarga ikan gurami, yang ternyata bisa dikonsumsi, tetapi juga ada yang menarik sehingga bisa menghiasi akuarium. Ikan sepat, nama kerennya antara lain : Three spot gourami, Blue gourami, Cosby gourami, Gold gourami, Golden gourami, serta Opaline gourami.

Ciri kas Ikan sepat adalah badannya pipih, mulut kecil dan dan disirip perut terdapat semacam antene/cambuk yang panjangnya bisa sampai ekornya. Badannya biasanya banyak bintik-bintik seperti mutiara yang membuat ikan sepat lebih disukai dipelihara di akuarium.

Tetapi di alam, ternyata banyak dijumpai di rawa-rawa, sawah, danau yang airnya tenang. Ada blogger yang punya tip untuk memancing ikan sepat yang mulutnya tergolong kecil, caranya kunjungi blog HappyDesug

Comments

Popular posts from this blog

Indahnya Ikan Cupang